Kelas : 3IA21
NPM : 51413048
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Sejarah dan Perkembangan Desain Grafis
Sejarah awal perkembangan desain grafis dapat ditelusuri
dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis sign dan
simbol yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar
dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam. Belum
ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai
media komunikasi, tetapi sejak dulu manusia primitif sudah menggunakan coretan
gambar di dinding gua untuk kegiatan berburu binatang. Selanjutnya memasuki Era
Cetak : Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah
peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447,
Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan
dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman,
untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang
memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi
bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa.
Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni
ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku.
Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi).
Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman
besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”. Pada
perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak
Lithografi. Teknik cetak lithografi menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan
prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Teknik ini memungkinkan untuk
melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran
besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini
mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut
sebagai “The Golden Age of The Poster”. Nama lithografi tersebut dari master
cetak yang menggunakan media batu litho.
Mulainya perkembangan desain grafis mengalami perkembangan
pesat yaitu pada saat kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang telah
membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban Barat dengan diadaptasikannya
kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani.
Dan pada saat ini adanya mesin cetak dan komputer juga merupakan dua hal yang
secara signifikan yaitu mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis
hingga akhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan
lain-lain. Koran, majalah, tabloid, website dan animasi/kartun yang sehari-hari
kita lihat adalah produk desain grafis.
Pemodelan Grafis
Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek.
Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai
dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan oleh
komputer. Pemodelan grafis adalah Transformasi dari suatu konsep (atau suatu
benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer
bisa dalam shape/bentuk, posisi, orientasi, surface, properties, volumetric, properties
dan lights. intinya menciptakan pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D.
1. Grafik komputer 2D;
merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi
menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x
(datar) dan sumbu y (tegak).
2. Grafik komputer 3D
merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan
dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y,
dan z.
Pengaruh perkembangan grafis pada teknologi
memiliki dampak positif dan negatif, antara lain :
Dampak
positif:
1.
Para desainer dapat memperkenalkan karyanya secara luas.
2.
Software desain pun semakin canggih.
3.
Mempermudah sesama desainer untuk bekerja sama.
4.
Menjual secara online hasil karya yang diciptakan.
5.
Karya yang di hasilkan akan lebih bagus atau lembut.
Dampak
negatif:
1.
Akan menjadi plagian karena mungkin menggunakan software yang sama (tidak hasil
karya tangan sendiri).
2.
Membuat masyarakat lebih memilih internet di banding hasil tangan.
Sumber Referensi :
http://putrikhairanikoto.blogspot.co.id/2012/11/perkembangan-grafis-dan-pemodelan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar